Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Instrumen Investasi Bagi Pemula

Selama masa pandemi Covid-19 kemarin, investasi selalu menjadi topik perbincangan yang hangat ditambah dengan menyebarnya kasus berbagai investasi bodong semakin menambah hiruk pikuk yang ada. Berkurangnya kegiatan di luar rumah dan interaksi sosial membuat masyarakat lebih banyak menggunakan uangnya untuk tabungan dan investasi dibandingkan kegiatan konsumsi. 

Berdasarkan hasil survey DBS Bank, tabungan dan investasi merupakan dua jawaban teratas dari para responden ketika ditanya untuk apa saja mereka akan mengeluarkan uangnya dalam 3 hingga 6 bulan ke depan. Mayoritas responden yang menjawab mereka akan menggunakan uangnya untuk ditabung sebagai prioritas utama, dan investasi sebagai prioritas kedua. Di tengah situasi pandemi, masyarakat cenderung lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya.

Grafik DBS Bank Consumer Survey

Sumber : Riset DBS

Rekomendasi Instrumen Investasi Bagi Pemula

Sebagai pemula, hal yang wajar jika kita bingung untuk menentukan instrumen investasi yang tepat. Pada kesempatan kali ini, aku mau memberikan rekomendasi investasi yang sangat mudah dijangkau bagi pemula. Investasi yang akan aku sebutkan dibawah ini adalah investasi yang mudah dan murah untuk diakses bagi siapa saja, khususnya bagi pelajar, mahasiswa ataupun para karyawan junior yang baru merintis karirnya.

1. Reksa Dana

Alasan aku memilih reksa dana karena ini adalah jenis investasi yang tidak membutuhkan modal awal yang besar dengan berbagai macam pilihan produknya, dan juga reksa dana ada jenis investasi yang minim analisa karena dikelola oleh manajer investasi. Reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang telah berpengalaman di dunia pasar modal sehingga dana investasi kita akan dianalisa sesuai dengan keadaan ekonomi dan pasar sehigga pemilihan strategi invesatsi dan pemilihan asetnya tepat. Modal awal untuk memulai investasinya pun sangatlah murah, bahkan sekarang hanya cukup dengan modal awal Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) kita sudah dapat merasakan investasi di pasar modal.

2. Emas

Investasi emas bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi para investor pemula. Emas memiliki harga yang cenderung naik dan memiliki liquiditas yang tinggi, sehingga bisa dicairkan dengan cepat kapan saja jika sedang membutuhkan dana. Namun perlu diketahui jika investasi emas adalah investasi jangka panjang, berinvestasi emas pun kini sudah jauh lebih mudah. Investor tidak perlu lagi menyiman emas secara pribadi dalam bentuk fisik, pasalnya kini kita dapat menggunakan layanan tabungan emas dengan metode cicilan, layanan ini sudah tersedia di pegadaian maupun beberapa e-commerce di Indonesia. 

3. P2P Lending 

P2P lending sebenarnya lebih tepat disebut sebagai pendanaan dibanding investasi. Namun, P2P lending sama menguntungkannya dengan berinvestasi. Kalian dapat mengembangkan aset dengan sistem yang mirip dengan obligasi. P2P lending digolongkan menjadi investasi jangka pendek yang menguntungkan karena menawarkan bunga yang cukup besar untuk para investor. Pada intinya, P2P lending akan menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara online. Melalui P2P lending, setiap orang bisa memberi atau mengajukan pinjaman untuk berbagai tujuan, tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan.

Itulah beberapa jenis investasi yang bisa menjadi pilihan bagi para investor pemula. Perlu dicatat bahwa semua jenis investasi memiliki risiko. Karena itu, investasi harus disesuaikan dengan tujuan finansial dan profil risiko investor masing-masing. Tetap bijak ya.

Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Instrumen Investasi Bagi Pemula"