Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

muhariwbw.com

Menurunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

Menurunkan berat badan memang sulit untuk dilakukan apalagi jika kalian memiliki jadwal pekerjaan yang padat, pastinya kalian sudah terlanjur lelah meluangkan waktu untuk olahraga. Jangankan olahraga, bales chat aja males hehe. Tak perlu khawatir, karena ada satu jenis olahraga paling mudah untuk menurunkan berat badan di tengah-tengah kesibukan kalian, yaitu JALAN KAKI. Hah? Cuma jalan kaki bisa bikin kurus? Aduh, beneran deh. Kalau ga percaya baca dulu deh artikel yang aku buat dibawah ini.

Jalan Kaki Memiliki Manfaat untuk Menurunkan Berat Badan?

Beberapa sumber dari badan kesehatan dan asosiasi tenaga kesehatan di dunia telah berpendapat bahwa jalan kaki adalah olahraga yang sangat menguntungkan bagi kesehatan. Kalau dilakukan secara rutin, berjalan kaki dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, berdasarkan beberapa informasi dan penelitian yang ada, jalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Apalagi, jalan kaki hanya bermodalkan sehat jasmani dan rohani tanpa membutuhkan perlengkapan dan skill tertentu. Perlu kalian ketahui bahwa berjalan kaki harus dilakukan secara perlahan dan berthap dalam peningkatan durasi dan intensitasnya. 

Banyak ditemukan beberapa orang yang langsung mencoba berjalan kaki secara cepat tanpa memerhatikan durasi dan intensitas akan merasa mudah lelah, pegal dan tidak termotivasi lagi untuk berjalan kaki. Sebagai gantinya, mulailah berjalan kaki selama 30 menit per harinya dengan kecepatan yang biasa. Setelah tubuh berhasil menyesuaikan, lalu tambahkan lagi durasi jalan kaki sebanyak 1 jam per hari. Jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, maka hasilnya akan lebih terasa di kemudian hari.

Hanya dengan Jalan Kaki Bisa Bikin Kurus?

Sebentar dulu, kalau kalian hanya jalan kaki santai sambil minum boba atau ngemil gorengan sih tidak akan pernah kurus ya. Jalan kaki yang bisa menurunkan berat badan kalian adalah yang namanya power walking. Power walking ialah kalian berjalan kaki dengan tempo yang lebih cepat dibandingkan dengan berjalan seperti biasanya, tetapi tidak harus lari juga. Nah, dengan power walking ini kalian tidak hanya jalan santai, tetapi juga meningkatkan kecepatan langkah kaki.  

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan?

Lakukan power walking kurang lebih selama 1 jam setiap hari. Kalian bisa mencoba berjalan di permukaan yang menanjak, jadi jangan jalan yang datar-datar saja. Untuk menambah intensitas latihan, ayunkan kedua lengan kalian mengikuti irama kaki. Pastikan kalian tetap tegak sambil menahan otot-otot perut saat berjalan. Untuk menghitung kecepatan jalan kaki dan kalori yang terbakar, kalian juga dapat memanfaatkan jam tangan pintar atau aplikasi yang ada di ponsel kalian.

Manfaat Jalan Kaki untuk Diet

1. Menciptakan Kebiasaan Aktif

Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang tidak membuat cepat lelah. Kenapa? Karena jalan kaki memiliki tempo gerak yang tidak terlalu cepat dan memiliki sedikit beban tumpuan pada lutut. Karena tidak cepat lelah, menjadikan kalian cenderung tidak cepat untuk merasa lapar. Tidak cepat lapar ketika sedang bergerak aktif tentu saja sangat bermanfaat bagi diet yang sedang kalian jalankan.

Selain itu, karena tidak mudah lelah dan tidak mudah lapar, kalian juga akan lebih terbiasa melakukan aktivitas yang satu ini. Sehingga, aktivitas berjalan kaki ini bisa jadi rutinitas, lalu pada akhirnya menjadi kebiasaan baru untuk membuat tubuh kalian tetap aktif.

2. Jalan Kaki Bantu Membakar Kalori

Banyak maupun sedikit, jalan kaki akan menghabiskan energi. Dilakukan dengan kecepatan berapapun, juga tetap akan menghabiskan energi. Dengan kata lain, ketika kalian berjalan kaki akan membakar kalori, karena membakar kalori makan berjalan kaki mampu menurunkan berat badan.

Sebagai contoh, ketika aku berjalan kaki di treadmill selama 10 menit mampu membakar 50 hingga 60 kalori di kecepatan 5, jika di kecepatan 10 maka kalori yang terbakar 100 lebih. Berarti jalan kaki membakar setengah kalori dari pembakaran kalori jika kalian berlari. Bayangkan jika kalian berjalan kaki selama 1 jam, maka kalori yang terbakar pasti akan lebih banyak juga. Cobalah untuk konsiten berjalan kaki, pasti nantinya akan memberikan dampak yang besar dalam proses penurunan berat badan kalian.

3. Jalan Kaki dapat Memperkuat Tulang

Rutin berjalan kaki juga dapat menjadi latihan ketahanan yang baik bagi tubuh kalian, khususnya memperkuat kekuatan tulang. Jika berjalan kaki menjadi kebiasaan kalian sehari-hari, salah satu manfaat jangka panjangnya adalah kalian akan memiliki tubuh dan sendi yang kuat.

Karena tubuh kalian sudah terbiasa bergerak dengan rutin jalan kaki, maka melakukan olahraga lain tidak akan sulit. Tulang, otot, dan sendi-sendi yang kuat bisa membantu berolahraga lebih baik. Hal tersebut juga sangat membantu program diet yang memerlukan untuk aktif berolahraga.

4. Baik untuk Kesehatan Emosional 

Terakhir, berjalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk fisik saja, tetapi juga emosional. Saat berjalan kaki, jantung kalian akan bekerja lebih baik. Sirkulasi darah juga jadi baik, termasuk sirkulasi darah di otak. Efeknya, salah satu sumbu yang memicu stres pada otak akan dibuat jadi lebih tenang.

Kalian akan merasa lebih baik ketika sedang berjalan kaki. Berjalan kaki juga dapat memperbaiki mood, mengurangi kecemasan bahkan depresi. Program diet yang sedang kalian lakukan akan jadi terasa lebih menyenangkan.

Asupan Juga Penting, Kurangi Kalori

Asupan makanan untuk tubuh kalian juga sangat penting dalam membantu menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, kalian harus secara konsisten makan lebih sedikit kalori daripada yang dikeluarkan setiap hari. Olahraga dapat membantu meningkatkan jumlah kalori yang terbakar oleh tubuh, maka cobalah untuk rutin bergerak dari yang paling mudah yaitu, berjalan kaki.

Usahakan untuk defisit kalori minimal 500 kalori dari kebutuhan kalori harian kalian. Untuk menghitung kalori harian akan aku bahas pada postingan lainnya. Sebagai gambaran saja, kalian bisa coba untuk membatasi kalori yang masuk sebesar 1600 hingga 1800 setiap harinya. Dengan ketentuan, kalori yang masuk adalah yang kaya akan protein.

Jadi tunggu apa lagi? Mari nikmati waktu luang kalian dengan berjalan kaki. Dalam rutinitas harian, cobalah untuk aktif bergerak. Mulai dari berjalan kaki saat bekerja, berjalan kaki di dalam rumah, atau di tempat berbelanja.

Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan"