Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menurunkan Berat Badan, Pilih Diet atau Olahraga Dahulu?

 

muhariwbw.com

Diet dan olahraga merupakan pilihan kebiasaan hidup yang sulit dilakukan kalau kalian tidak terbiasa dan tidak sabar. Loh, kenapa gitu? Karena bagi beberapa orang yang malas untuk berolahraga namun menginginkan tubuh yang ideal, diet menjadi sebuah jalan pintas bagi mereka. Yah, walaupun melakukan diet juga merupakan hal yang sulit. Dalam melakukan diet kalian juga harus mempertimbangkan kekuatan tubuh, nilai gizi suatu makanan atau minuman yang kalian konsumsi dan juga tingkat stress selama menjalankan diet tersebut. Kalau kalian mengabaikan petimbangan tersebut, yang ada bukannya turun berat badan malah kalian bisa naik berat badannya. 

Sama halnya dengan olahraga, kalau kalian hanya berorientasi pada tujuan ingin cepat kurus, kemudian berpikir kalau olahraga mati-matian dan tidak makan dapat mempercepat proses penurunan berat badan, bisa-bisa tubuh dan pikiran kalian akan stress dan malah berujung sakit. Nanti aku akan bahas kenapa tingkatan stress berpengaruh pada proses diet seseorang.

Jadi Gimana, Dong?

Tubuh kita memiliki mekanismenya sendiri untuk mengatur kebutuhan energi. Jadi, kalian olahraga mati-matian namun pola makan berantakan ataupun sebaliknya pola makan bagus namun tidak pernah olahraga akan menjadi hal yang tidak seimbang. Menurunkan berat badan membutuhkan proses, dan itu tidaklah instan.

Olahraga yang fokusnya untuk nurunin berat badan tuh sangat memakan waktu, dan efeknya mudah hilang. Kenapa begitu? Karena ketika kalian rutin berolahraga, kalian akan merasa lelah. Jadi tubuh cenderung mengonsumsi jumlah kalori yang lebih banyak dari kebutuhan yang seharusnya. Dengan kata lain, percuma kalian olahraga mati-matian namun asupan makanan tidak terkontrol. Lebih parah lagi jika olahraganya jarang atau tidak dilakukan sama sekali. Yaudah deh, bisa-bisa kalian akan kaget melihat timbangan nantinya.

muhariwbw.com

Harus Pilih yang Mana? Diet atau Olahraga?

Sampai di sini kalian pasti udah ngerti kan, kalau olahraga dan diet adalah dua hal yang sebaiknya jangan dipisahkan. Jadi, idealnya kalian coba terlebih dahulu mengatur pola makan. Atur jenis makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya kalian konsumsi dan hindari. Setelah menemukan pola makan yang sesuai, kalian bisa coba kombinasikan dengan olahraga yang sesuai juga dengan kebutuhan tubuh kalian. Lagipula, olahraga tidak harus selalu yang berat-berat kok. Kalian bisa olahraga tanpa alat atau olahraga yang ringan-ringan sesuai kebutuhan tubuh kalian.

Jenis Olahraga untuk Mengurangi Berat Badan

Ketika kalian ingin memulai olahraga untuk menurunkan berat badan, cobalah untuk melakukan jenis olahraga kardio beserta angkat beban. Jenis olahraga kardio dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah sehingga mampu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Sementara, dengan berolahraga angkat beban kalian dapat meningkatkan pembentukan otot sehingga proses metabolisme tubuh bisa lebih efisien.

Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kombinasikan olahraga kardio dengan angkat beban. Tak hanya berolahraga, kalian juga perlu menerapkan pola makan sehat dengan menjaga asupan kalori dan gula. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi gula pemicu berat badan naik seperti makanan bersantan atau makanan manis.

Jadi, kalian tidak perlu bingung lagi untuk memilih diet atau olahraga terlebih dahulu. Kombinasikan keduanya, maka kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal!

Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Ingin Menurunkan Berat Badan, Pilih Diet atau Olahraga Dahulu?"