Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama Proses Penerbitan STNK dan BPKB Motor Baru?

muhariwbw.com

Setelah menunggu selama kurang lebih 3 minggu, akhirnya STNK dan plat nomor sudah keluar juga. Sebelumnya, ketika kalian membeli motor baru maka surat-surat seperti STNK, BPKB dan plat nomor tidak akan langsung kalian dapatkan ketika membeli motor.

Hal itu yang membuat beberapa pemilik motor baru enggan membawa motor baru mereka untuk perjalanan jauh. Kalian memang diharuskan untuk bersabar sampai STNK dan plat nomor motor baru keluar secara resmi.

Untuk menjawab rasa penasaran kalian, mari kita bahas tentang permasalahan tersebut di penjelasan berikut ini!

Berapa Lama STNK Motor Baru Keluar?

Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, membeli motor dengan cara kredit maupun cash sama-sama memiliki prosedur yang memang harus diikuti. Peraturan yang harus diikuti tersebut mengharuskan kita untuk menunggu proses pembuatan STNK maupun plat nomor jadi.

Sebelum aku menjelaskan secara detail, perlu kalian ketahui dulu bahwa peraturan tersebut merupakan sebuah peraturan yang memang sudah diterapkan sedari dulu. Walaupun begitu, kebijakan dari masing-masing dealer motor pastinya berbeda-beda. Namun, sebenarnya berapa lama sih surat-surat kendaraan motor baru keluar? apakah memang begitu lama pihak dealer mengeluarkan surat-surat tersebut?.

Menurut informasi yang aku dapatkan dari orang dealernya, sebenarnya secara umum dealer motor akan memproses plat nomor motor baru kurang lebih selama 2 minggu sejak proses pembelian dan penyerahan motor ke konsumen. Namun karena berbagai macam hal, biasanya pembuatan STNK dan plat nomor motor baru justru keluar tidak sesuai dengan estimasi yang telah ditentukan. Dari pengalaman pribadi saat membeli Honda Scoopy di dealer resmi Buaran, Jakarta Timur.

Aku mendapatkan kabar bahwa plat nomor dan STNK motor baru tersebut kurang lebih 3 minggu sudah bisa di ambil di dealer tersebut. Selain kalian menanyakan langsung pada pihak dealer mengenai status surat-surat tersebut, kalian juga dapat mengecek prosesnya melalui aplikasi yang ada.

Dari penjelasan dan pengalaman singkat yang sudah aku alami di atas, setidaknya berapa lama STNK motor baru keluar tidak bisa kita prediksi, bisa jadi kurang dari waktu estimasi atau bahkan mungkin saja lebih dari waktu yang telah ditentukan.

muhariwbw.com

Faktor Lamanya STNK Motor Baru Keluar

Seperti yang sudah aku sampaikan dan jelaskan di atas, sebenarnya ada begitu banyak faktor yang membuat proses penerbitan STNK terkesan lambat. Untuk teman-teman yang memang merasa penasaran dan ingin mengetahui apa saja hal yang membuat STNK motor baru kalian lama keluarnya.

Faktor lamanya STNK motor baru kalian yaitu karena biasanya pihak dealer menjual motor dengan jumlah banyak, sehingga penyerahan dokumen dari dealer ke pihak kepolisian dilakukan secara bersamaan dengan dokumen pembeli lainnya.

Selain itu, hal yang membuat proses STNK motor baru lama juga karena adanya kepadatan dari pihak kepolisian ketika membuat STNK motor baru, sehingga keluarnya STNK pun akan lebih lama dari waktu yang di tentukan.

Melihat Proses STNK Motor Baru Sudah Keluar atau Belum

Setelah kalian mengetahui estimasi waktu berapa lama STNK motor baru keluar seperti apa yang sudah aku jelaskan di atas sekaligus apa saja hal yang dapat mempengaruhi seberapa lama STNK motor baru kalian keluar.

Bagi kalian yang memang sudah penasaran dan ingin mengetahui status surat-surat motor baru kalian sudah sampai tahap mana prosesnya, kalian dapat melacak status tersebut dengan mudah, yaitu dengan langsung bertanya kepada pihak dealer dimana kalian membeli motor baru tersebut.

Namun, jika kalian membeli sepeda motor Honda kalian akan diarahkan untuk cek prosesnya melalui aplikasi mereka, yaitu Wahana Honda yang dapat didownload melalui Play Store kalian masing-masing.

Untuk cara menggunakan aplikasinya, kalian cukup ikuti panduan di bawah ini:

  1. Silahkan download aplikasi Wahana Honda di Play Store kalian masing-masing.
  2. Lalu buka aplikasi Wahana Honda.
  3. Setelah itu, kalian dapat isi terlebih dahulu data-data kendaraan kalian yang dapat dipandu oleh petugas dealer 
  4. Lalu silahkan kalian Masukkan nomor Tracking dimiliki.
  5. Kalian pilih menu Tracking STNK & BPKB.
  6. Sampai disini kalian dapat melihat proses pembuatan surat-surat motor kalian.
Update (11 April 2023):

Berapa Lama BPKB Motor Baru Keluar?

Akhirnya BPKB motorku keluar juga setelah menunggu kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Penyebab lamanya proses penerbitan BPKB motor kalian, dikarenakan dealer mengajukan pengurusan BPKB ke Samsat secara kolektif. Maka pengurusan BPKB motor baru kalian dilakukan sekaligus dalam jumlah banyak.

Selain itu, BPKB motor kalian melibatkan beberapa pihak mulai dari dealer hingga kepolisian. Karena melibatkan banyaknya pihak yang terlibat maka dari itu BPKB kalian keluarnya lama.

Syarat Pengambilan BPKB Motor Baru di Dealer

Apabila BPKB kalian sudah jadi, maka dealer akan menghubungi untuk pengambilan BPKB motor baru di dealer. Beberapa syarat pengambilan BPKB motor baru:
  1. KTP asli pemilik kendaraan
  2. STNK asli pemilik kendaraan
  3. Kuitansi pembelian
  4. Surat kuasa jika pengambilan BPKB diwakilkan

Prosedur Pengambilan BPKB Motor Baru di Dealer

Siapkan Dokumen Persyaratan yang Dibutuhkan

Pertama, kalian perlu melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, STNK, dan kuitansi pembelian. Jika persyaratan tidak lengkap, maka BPKB tidak dapat diambil. Sebelum datang tanyakan terlebih dahulu ke dealernya perihal persyaratan tersebut. Jika pengambilan BPKB kalian diwakilkan, biasanya pihak dealer akan meminta surat kuasa.

Menuju ke Dealer Tempat Membeli Motor Baru

Setelah itu, silahkan menuju ke dealer tempat kalian membeli motor baru tersebut. Jangan lupa bawa persyaratan yang diperlukan tadi.

Serahkan Dokumen Persyaratan ke Petugas Dealer

Setelah itu, silahkan menuju ke bagian administrasi dealer. Serahkan berkas yang kalian bawa ke petugas dealer untuk di cek datanya.

Tunggu BPKB Diberikan Petugas

Jika berkas telah sesuai, maka petugas akan langsung memberikan BPKB motor baru kalian.
Setiap dealer memiliki aplikasi resmi tersendiri untuk mengecek proses BPKB kalian sudah jadi atau belum. Kalian dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengetahui proses pembuatan BPKB.

Bagaimana Cek Proses BPKB Motor Kalian Apakah Sudah Jadi atau Belum?

Sama saja seperti cek proses STNK diatas, yaitu dengan cara menanyakan langsung kepada pihak dealernya atau kalian dapat juga cek melalui aplikasi.


Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Proses Penerbitan STNK dan BPKB Motor Baru? "