Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Membeli Motor secara Cash, Apakah Benar Dipersulit?

muhariwbw.com

Pengalaman Membeli Sepeda Motor secara Cash

Hari ini mau bahas yang ringan-ringan aja deh, jadi pada tanggal 16 Februari 2023 lalu aku memutuskan untuk membeli motor, sempat ragu sebenarnya karena banyak yang bilang dan mengalami sendiri kalau ingin membeli motor secara cash tuh inden lama banget bahkan bisa sampai berbulan-bulan lamanya. Tapi namanya juga hasrat, harus disegerakan hehe. Akhirnya beli lah sebuah motor Scoopy Prestige Green 2023 secara cash di Bintang Motor daerah Buaran, sebenarnya pada hari itu aku ditawarkan untuk meminang tipe yang lebih rendah (tipe sporty, fashion dan stylish) di beberapa dealer lain karena status unit tipe tersebut ready stock agar tidak perlu inden lama, namun aku merasa kurang suka dengan tampilan dan fiturnya. Alasan memilih dealer Bintang Motor juga karena mereka menjanjikan proses inden yang hanya membutuhkan waktu maksimal 1 bulan, sedangkan dealer daerah lainnya yang sudah saya singgahi dan tanyakan rata-rata menjanjikan unit tersedia dalam kurun waktu 2 hingga 4 bulan lamanya.

muhariwbw.com

Tanggal 20 Februari 2023, secara mengejutkan aku mendapat panggilan dari pihak dealer bahwa mereka akan mengirim unit pada hari itu juga, jadi cukup dengan waktu 4 hari unit sudah tersedia dan dikirimkan. Proses yang cukup singkat ini yang harusnya bisa dijadikan pelajaran bagi dealer lain untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi para konsumennya. Apalagi kemarin saya membeli unit tersebut tanpa drama dan bermodal komunikasi dengan sales melalui WA saja, tanpa perlu jauh-jauh ke dealer.

Bagaimana Cara Membeli Motor Cash di Dealer?

Cara membeli motor secara cash di dealer cukup mudah, apabila motor yang kalian inginkan belum ada, maka kalian bisa inden motor tersebut, kemudian kalian harus menyerahkan sejumlah dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Namun apabila motor yang kalian pilih sudah ada di gudang dealer, kalian bisa langsung membelinya disana dan pada hari itu juga motor yang kalian beli langsung diantar ke rumah kalian. 

muhariwbw.com

Adapun persyaratan yang diperlukan untuk membeli motor cash di dealer yakni menunjukkan KTP dan KK, lalu mengisi dokumen atau form yang diberikan pada kalian, dan membayar uang sebesar harga motor, kalian bisa membayarnya secara tunai atau melalui transfer atm, saya menyarankan kepada kalian untuk melakukan transfer antar ATM saja dibanding harus membawa uang belasan atau puluhan juta ke dealer. 

Setelah pembayaran diterima oleh pihak dealer kalian tinggal tunggu saja unit motor baru tersebut di rumah dan pastikan nomor handphone kalian aktif sehingga pihak kurir tidak kesulitan mencari alamatnya. Sebelum mengirim motor, dealer akan menghubungi apakah kalian sedang dirumah atau tidak, kemudian dealer juga meminta petunjuk arah jalan ke rumah kalian.

Berapa Lama Surat Kendaraan dan Plat Nomor Turun?

Adapun motor secara cash atau tunai yang kalian beli tidak langsung mendapatkan surat-surat dan plat nomor yang sesuai dengan STNK ya, kalian dapat mengajukan pembuatan surat jalan dan plat sementara dari kepolisian kepada pihak dealer yang menunjukkan motor tersebut bisa kalian gunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Kalian tidak perlu khawatir apabila terjadi operasi tilang kendaraan, sebab motor kalian sudah aman dan terlindungi asalkan membawa surat jalan kemanapun kalian pergi dengan motor kalian. Estimasi untuk STNK dan plat nomor turun mungkin membutuhkan waktu sekitar 2 minggu (14 hari kerja), sedangkan BPKB turun lebih lama sekitar 3 bulan.

Apakah Membeli Motor secara Cash Mendapat Asuransi?

Kalau kalian membeli motor secara cash maka kalian tidak akan mendapatkan asuransi sebagaimana membeli motor secara kredit, maka dari itu total harga motor secara cash jauh lebih murah daripada kalian membeli secara kredit. Asuransi bisa kalian dapatkan melalui pihak eksternal sesuai dengan kemampuan kalian masing-masing ya.

Apakah Membeli Motor secara Cash Dipersulit?

Seperti pada cerita awalku di atas, membeli motor secara cash agak tricky. Pada mulanya ketika ingin membeli motor secara cash, aku juga sempat khawatir kalau harus inden berbulan-bulan. Bahkan beberapa dealer dekat rumah menjanjikan unitnya ready 2 hingga 4 bulan lamanya.

muhariwbw.com

Berdasarkan pengalaman, kalian sebaiknya mengunjungi beberapa dealer terdekat untuk menanyakan stok unit apakah ready atau inden, jika inden tanyakan lagi berapa lama estimasi yang bisa dealer janjikan agar unit dapat kita beli. Carilah dealer yang memberi kita estimasi tercepat dan memiliki komunikasi yang baik, agar ketika kalian menanyakan unit tersebut sudah tersedia atau belum mereka menjawabnya ga jutek-jutek banget hehe.

Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Pengalaman Membeli Motor secara Cash, Apakah Benar Dipersulit?"