Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung yang Tepat untuk Diterapkan

Pentingkah Menabung?

Pentingnya menabung harus kita ajarkan sejak dini, beberapa orang pasti pernah merasakan betapa sulitnya menabung. Bagi beberapa orang menyisihkan uang yang dimiliki begitu sulit untuk dilakukan, bebebrapa hal bisa disebabkan dari gaji yang sedikit, pengeluaran yang banyak, dan hasrat untuk membeli suatu barang atau jasa yang tinggi. Sehingga membuat beberapa orang tidak dapat menyisihkan uangnya untuk tabungan. Kurang baiknya manajemen keuangan atau budgeting menjadi salah satu kendalanya. Kalian bisa membaca bagaimana cara mengatur keuangan yang sudah pernah aku posting sebelumnya.

Pasti dari kalian banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana sih menabung yang tepat itu? Apa kita bisa menabung jika gaji yang kita peroleh sedikit namun pengeluaran tinggi? Jika iya, bagaimana cara mengelolanya? Yuk, mari kita bahas bersama-sama bagaimana cara menabung yang benar dan tepat.

1. Tumbuhkan Niat dan Kemauan Untuk Menabung

Hal yang paling utama dalam melakukan suatu hal adalah niatnya. Dengan adanya niat dan kemauan, maka kita akan lebih sadar bahwa apa yang harusnya kita lakukan begitu penting untuk dilaksanakan dan kita akan mewujudkannya dengan tindakan langsung dan konsisten. Dalam menabung, kita juga harus memiliki niat yang kuat karena menabung berarti kita harus melawan beberapa godaan untuk membeli suatu barang maupun jasa.

2. Memiliki Tujuan Menabung yang Jelas

Setelah kalian memiliki niat dan kemauan untuk menabung, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menetapkan tujuan yang jelas. Dengan kalian memiliki tujuan yang jelas, hal ini bisa memotivasi kalian untuk lebih semangat lagi menabung. Tujuan ini bisa berupa mempersiapkan untuk biaya sekolah, beli kendaraan, beli rumah, dan lain sebagainya.

3. Membuat Anggaran Keuangan

Anggaran adalah rencana yang disusun secara sistematis yang berisi taksiran-taksiran tertentu untuk berbagai kegiatan yang dijadikan dasar untuk mengelola keuangan dalam bentuk angka untuk merencanakan sebuah kegiatan untuk jangka waktu atau periode tertentu. Dalam membuat anggaran, kita harus memikirkan kebutuhan dan keinginan kita. Apa yang menjadi kebutuhan dasar yang sifatnya wajib dan apa yang tidak. Sehingga dengan membuat anggaran ini, kalian dapat mengetahui alokasi pengeluaran untuk setiap hal dan akan menghindari pengeluaran yang berlebihan dalam satu kali pembelian.

4. Konsisten Menabung

Yang paling sulit dari semua poin diatas adalah yang satu ini, Salah satu faktor yang menyebabkan inkonsistensi yaitu pengeluaran bulanan yang tinggi sehingga mengakibatkan tidak bisa menabung. Maka dari itu, kalian harus berpatokan pada anggaran yang telah kalian buat sebelumnya. Khusus untuk anggaran tabungan haruslah fixed, lebih baik lagi jika berubah namun menambah jumlah tabungan bukan mengurangi jumlahnya. Menanamkan konsistensi ini terbilang cukup sulit, namun jika sudah terbiasa pasti akan bisa kok konsisten menabung. Mau berapapun uang yang kita punya, kita harus menyisihkannya untuk ditabung meski nominalnya kecil itu bisa berdampak signifikan jika kita melakukannya secara konsisten.

Kesimpulan

Seperti itulah beberapa cara menabung yang benar dan tepat. Kalian boleh menerapkannya dan yang terpenting adalah konsisten menyisihkan pendapatan yang kalian miliki untuk disimpan karena meskipun sedikit lama-lama menjadi bukit jika kalian konsisten. 

Jangan lupa juga untuk membaca beberapa artikel lain dari blog ini, semoga bermanfaat.


Muhammad Ari Wibowo
Muhammad Ari Wibowo Secangkir teh, rintik hujan dan beberapa bait puisi

Posting Komentar untuk "Cara Menabung yang Tepat untuk Diterapkan"